Senin, 25 November 2013

Pengembalian Atas Investasi Modal dan Analisis Profitabilitas PT. Astra Agro Lestari (Part 1)


Gambaran Perusahaan

PT Astra Agro Lestari Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak 32 tahun lalu, dengan komitmennya untuk selalu menghasilkan produk minyak kelapa sawit (CPO) berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar baik didalam maupun diluar negri.
Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya yang kini telah menyatu menjadi Bursa Efek Indonesia, sejak Desember 1997 dengan komposisi kepemilikan saham oleh investor publik saat ini sebesar 20,3%. Harga saham perseroan juga terus naik dari Rp 1.550 persaham pada saat penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada 1997 menjadi Rp 19.700 persaham pada penutupan perdagangan tanggal 31 Desember 2012 di Bursa Efek Indonesia.
Sejarah berdirinya perusahaan diawali tahun 1983, ketika induk perusahaan PT Astra International Tbk, memutuskan untuk melakukan pengembangan usaha  ke sektor agribisnis dengan membentuk unit bisnis baru. Awalnya, unit bisnis ini bertanggung jawab untuk mengelola perkebunan ubi kayu dan karet.
Menyadari bahwa prospek kelapa sawit sangat menjanjikan, manajemen memutuskan untuk fokus mengembangkan bisnis kelapa sawit. Pada tahun 1984, manajemen mengakuisisi PT Tunggal Perkasa Plantations, yang memiliki 15.000 hektar perkebunan kelapa sawit di Riau, Sumatera. Pada tahun 1988, PT Astra International Tbk memutuskan menjadikan unit bisnis perkebunan kelapa sawit sebagai entitas bisnis baru dengan nama PT Suryaraya Cakrawala. Tahun 1989, itu diubah menjadi PT Astra Agro Niaga. Pada tahun 1997, PT Astra Agro Niaga melakukan merger dengan PT Suryaraya Bahtera dengan nama baru, PT Astra Agro Lestari.
Setelah serangkaian merger, akuisisi, perkembangan baru dan restrukturisasi, PT Astra Agro Lestari Tbk memiliki total aset Rp 12,42 triliun pada akhir 2012. Saat ini perseroan memiliki 28.109 karyawan tetap dan mengelola total 272.994 hektar perkebunan kelapa sawit di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang terdiri dari 212.622 hektar perkebunan inti dan 60.372 hektar perkebunan plasma.
Keberhasilan Perseroan dalam mengembangkan usaha perkebunan kelapa sawit tak lepas dari segala upaya untuk mencapai visisnya menjadi perusahaan agribisnis paling produktif dan inovatif di dunia. Hal tersebut tercermin dari keberhasilan perseroan untuk menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan prifitabilitas yang tinggi dan sejumlah penghargaan yang diterima Perseroan atas pencapaiannya dalam mengelola kinerja dan keberlanjutan usahanya dengan secara terus menerus memberikan nilai tambah positif bagi seluruh pemangku kepentingan.

Gambaran Industri

Kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawit merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menjadi sumber penghasil devisa non migas bagi Indonesia. Cerahnya prospek komoditi minyak kelapa sawit dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu pengembangan areal perkebunan kelapa sawit.
Berkembangnya subsektor perkebunan kelapa sawit di Indonesia tidak lepas dari adanya kebijakan pemerintah yang memberikan berbagai insentif, terutama kemudahan dalam hal perijinan dan bantuan subsidi investasi untuk pembangunan perkebunan rakyat dengan pola PIRBun dan dalam pembukaan wilayah baru untuk areal perkebunan besar swasta.
Industri minyak kelapa sawit merupakan salah satu industri strategis, karena berhubungan dengan sektor pertanian (agrobased industry) yang banyak berkembang di negaranegara tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Hasil industri minyak kelapa sawit bukan hanya minyak goreng saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan dasar industri lainnya seperti industri makanan, kosmetika dan industri sabun.
Prospek perkembangan industri minyak kelapa sawit saat ini sangat pesat, dimana terjadi peningkatan jumlah produksi kelapa sawit seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Dengan besarnya produksi yang mampu dihasilkan, tentunya hal ini berdampak positif bagi perekenomian Indonesia, baik dari segi kontribusinya terhadap pendapatan negara, maupun besarnya tenaga kerja yang terserap di sektor.
Sektor ini juga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar perkebunan sawit, di mana presentase penduduk miskin di areal ini jauh lebih rendah dari angka penduduk miskin nasional sebesar. Boleh dibilang, industri minyak kelapa sawit ini dapat diharapkan menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional.

Pengembalian Atas Investasi Modal  dan Analisis Profitabilitas

            PT. Astra Agro Lestari (untuk pembahasan selanjutnya akan disebut AALI) merupakan perusahaan yang bergerak di industri perkebunan kelapa sawit dengan produk utama Crude Palm Oil (CPO). Seperti perusahaan pada umumnya, operasi yang dijalankan didanai oleh berbagai sumber dana seperti penerbitan saham maupun melakukan pinjaman (berhutang). Pada analisis kali ini, akan dibahas mengenai pengembalian atas investasi modal (return on invested capital) yang mengacu pada ukuran keberhasilan perusahaan dalam menggunakan dana untuk menghasilkan keuntungan. Komponen pengembalian atas investasi modal yang akan dibahas adalah pengembalian atas asset operasi bersih (return on net operating asset – RNOA) dan pengembalian ekuitas biasa (retun on common equity – ROCE) serta komponen-komponen yang mempengaruhinya.

4 komentar:

  1. Untuk part selanjutnya bagi yang membutuhkan bisa email ke maulida.riza@gmail.com

    BalasHapus
  2. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus