Visi dan Misi BNI 46
Visi BNI
Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul,
Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan Kinerja
Misi BNI
·
Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah
kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
·
Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
·
Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk
berkarya dan berprestasi.
·
Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap
lingkungan sosial.
·
Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola
perusahaan yang baik.
Visi dan Misi PT.Telkom
Visi
To become a leading
InfoCom player in the region
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai
perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan
berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi
·
Telkom mempunyai misi
memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality
and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed
Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan
mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas,
dengan harga kompetitif.
·
Telkom akan mengelola
bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya
manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun
kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
Tanggapan
Visi
adalah segala harapan, impian dan keinginan-keinginan yang ingin dicapai pada
masa yang akan datang. Sebuah visi dalam organisasi atau perusahaan dibuat
untuk menjawab pertanyaan “What do we
want to become?” yang menggambarkan aspirasi perusahaan mengenai apa yang
mereka inginkan (secara ideal). Biasanya pernyataan visi suatu organisasi atau
perusahaan dituliskan secara singkat dan jelas juga menarik bagi orang yang
mambacanya.
Pada
contoh pertama diatas dapat kita lihat pernyataan visi dari BNI 46 yaitu “Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul,
Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan Kinerja”.
Pernyataan visi BNI 46 ini sudah merupakan pernyataan visi yang baik karena
ditulis dalam kalimat yang tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti oleh
orang yang membacanya. Dari pernyataan visi BNI 46 ini juga kita dapat langsung
mengetahui fokus dan tujuan dari BNI 46, yaitu menjadi bank kebanggaan nasional, yang menawarkan layanan terbaik
dengan harga kompetitif kepada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer.
Pada
contoh kedua diatas yaitu pernyataan visi dati PT.Telkom yaitu “To become a
leading InfoCom player in the region”. Pernyataan visi ini sangatlah menarik karena ditulis menggunakan bahasa
internasional, sehingga dengan mudah dapat disimpulkan bahwa PT.Telkom selain
ingin menguasai pasar Indonesia (dalam negeri) juga ingin menguasai pasar
mancanegara. Selain itu kita juga dapat memahami bahwa fokus dan tujuan dari
PT.Telkom yang tertulis dalam pernyataan visinya yaitu
berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka
di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Setelah melihat contoh dan penjelasan diatas, dapat
disimpulkan bahwa visi sangatlah penting bagi sebuah organisasi ataupun
perusahaan, karena dengan visi kita mendapatkan gambaran yang jelas terhadap
arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi atau perusahaan. Visi
yang jelas dan menarik juga dapat membangkitkan smangat kerja orang-orang yang
berada dalam suatu perusahaan atau organisasi, sehingga dapat menciptakan sense of belonging yang tinggi terhadap
organisasi atau perusahaan dalam peningkatan kinerja untuk pencapaian tujuan.
Misi adalah penjabaran langkah-langkah yang
seharusnya dilakukan oleh organisasi atau perusahaan (dalam hal ini adalah
manajemen perusahaan) untuk meralisasikan visi yang telah ditetapkan
sebelumnya. Misi juga merupakan maksud atau alasan pokok tentang keberadaan
(existence) atau didirikannya perusahaan (Whelen & Hunger: 1995). Pernyataan
misi suatu organisasi atau perusahaan dibuat untuk menjawab pertanyaan “What business are we in?” dan sebagai
wahana untuk merealisasikan impian suatu organisasi atau perusahaan.
Pada contoh pertama diatas dapat kita lihat
pernyataan misi dari BNI 46 yang merupakan cara untuk merealisasikan visi yang
telah dibuat sebelumnya. Misi dari BNI 46 ini telah memenuhi beberapa komponen
pernyataan misi yaitu :
a. Orientasi
kepada customer dengan memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah
kepada seluruh nasabah.
b. Sifat
going concern yang berkaitan dengan
profitabilitas dengan meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
c. Filosofi
perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sebagai bagian dari tanggungjawab
social (corporate social responsibility).
Pada contoh kedua diatas dapat kita lihat pernyataan
misi dari PT.Telkom yang merupakan cara untuk merealisasikan visi yang telah
dibuat sebelumnya. Misi dari PT.Telkom ini telah memenuhi beberapa komponen
pernyataan misi yaitu :
a. Orientasi
kepada customer dengan memberikan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan
jaringan berkualitas, dengan harga yang kompetitif.
b. Produk
dan jasa yang dihasilkan adalah jasa telekomunikasi dengan sumberdaya manusia
dan teknologi terbaik.
c. Pasar
yang ingin dikuasai adalah pangsa pasar Indonesia (sebagai role model perusahaaan telekomunikasi) dan pangsa pasar mancanegara
(dimulai dari daerah Asia Tenggara dan Asia Pasifik).
d. Sifat
going concern yang berkaitan dengan
profitabilitas dengan membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling
mendukung secara sinergis.
e. Dengan
filosofi perusahaan memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi para
penggunanya.
Setelah kita membaca penjelasan diatas maka dapat
disimpulkan bahwa misi juga sangat penting bagi organisasi atau perusahaan
dalam pencapaian tujuannya. Dengan misi yang jelas organisasi atau perusahaan
memiliki koridor-koridor yang jelas tentang apa yang harus dilakukann untuk
merealisasikan visi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Visi dan misi merupakan dua hal yang saling
bersinergi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Visi dan misi sangatlah
penting sebagai fondasi tata nilai perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Sehingga visi dan misi suatu organisasi atau perusahaan dapat kita jadikan
salah satu dasar untuk menilai pencapaian masa depan suatu organisasi atau
perusahaan.
makasih gan jadi bertambah ilmunya nih
BalasHapus