Senin, 25 November 2013

Pembahasan Visi dan Misi Bank BNI 46 dan PT. Telkom ditinjau dari Manajemen Strategik



Visi dan Misi BNI 46

Visi BNI
Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan  dalam Layanan dan Kinerja

Misi BNI
·         Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
·         Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
·         Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·         Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.
·         Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.


Visi dan Misi PT.Telkom

Visi
To become a leading InfoCom player in the region

Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

Misi
·         Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
·         Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.


Tanggapan

            Visi adalah segala harapan, impian dan keinginan-keinginan yang ingin dicapai pada masa yang akan datang. Sebuah visi dalam organisasi atau perusahaan dibuat untuk menjawab pertanyaan “What do we want to become?” yang menggambarkan aspirasi perusahaan mengenai apa yang mereka inginkan (secara ideal). Biasanya pernyataan visi suatu organisasi atau perusahaan dituliskan secara singkat dan jelas juga menarik bagi orang yang mambacanya.
Pada contoh pertama diatas dapat kita lihat pernyataan visi dari BNI 46 yaitu Menjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan  dalam Layanan dan Kinerja”. Pernyataan visi BNI 46 ini sudah merupakan pernyataan visi yang baik karena ditulis dalam kalimat yang tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti oleh orang yang membacanya. Dari pernyataan visi BNI 46 ini juga kita dapat langsung mengetahui fokus dan tujuan dari BNI 46, yaitu menjadi bank kebanggaan nasional, yang menawarkan layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer.
Pada contoh kedua diatas yaitu pernyataan visi dati PT.Telkom yaitu To become a leading InfoCom player in the region”. Pernyataan visi ini sangatlah menarik karena ditulis menggunakan bahasa internasional, sehingga dengan mudah dapat disimpulkan bahwa PT.Telkom selain ingin menguasai pasar Indonesia (dalam negeri) juga ingin menguasai pasar mancanegara. Selain itu kita juga dapat memahami bahwa fokus dan tujuan dari PT.Telkom yang tertulis dalam pernyataan visinya yaitu berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Setelah melihat contoh dan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa visi sangatlah penting bagi sebuah organisasi ataupun perusahaan, karena dengan visi kita mendapatkan gambaran yang jelas terhadap arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi atau perusahaan. Visi yang jelas dan menarik juga dapat membangkitkan smangat kerja orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan atau organisasi, sehingga dapat menciptakan sense of belonging yang tinggi terhadap organisasi atau perusahaan dalam peningkatan kinerja untuk pencapaian tujuan.

Misi adalah penjabaran langkah-langkah yang seharusnya dilakukan oleh organisasi atau perusahaan (dalam hal ini adalah manajemen perusahaan) untuk meralisasikan visi yang telah ditetapkan sebelumnya. Misi juga merupakan maksud atau alasan pokok tentang keberadaan (existence) atau didirikannya perusahaan (Whelen & Hunger: 1995). Pernyataan misi suatu organisasi atau perusahaan dibuat untuk menjawab pertanyaan “What business are we in?” dan sebagai wahana untuk merealisasikan impian suatu organisasi atau perusahaan.
Pada contoh pertama diatas dapat kita lihat pernyataan misi dari BNI 46 yang merupakan cara untuk merealisasikan visi yang telah dibuat sebelumnya. Misi dari BNI 46 ini telah memenuhi beberapa komponen pernyataan misi yaitu :
a.       Orientasi kepada customer dengan memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah.
b.      Sifat going concern yang berkaitan dengan profitabilitas dengan meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
c.       Filosofi perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sebagai bagian dari tanggungjawab social (corporate social responsibility).
Pada contoh kedua diatas dapat kita lihat pernyataan misi dari PT.Telkom yang merupakan cara untuk merealisasikan visi yang telah dibuat sebelumnya. Misi dari PT.Telkom ini telah memenuhi beberapa komponen pernyataan misi yaitu :
a.       Orientasi kepada customer dengan memberikan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga yang kompetitif.
b.      Produk dan jasa yang dihasilkan adalah jasa telekomunikasi dengan sumberdaya manusia dan teknologi terbaik.
c.       Pasar yang ingin dikuasai adalah pangsa pasar Indonesia (sebagai role model perusahaaan telekomunikasi) dan pangsa pasar mancanegara (dimulai dari daerah Asia Tenggara dan Asia Pasifik).
d.      Sifat going concern yang berkaitan dengan profitabilitas dengan membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
e.       Dengan filosofi perusahaan memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi para penggunanya.
Setelah kita membaca penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa misi juga sangat penting bagi organisasi atau perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Dengan misi yang jelas organisasi atau perusahaan memiliki koridor-koridor yang jelas tentang apa yang harus dilakukann untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Visi dan misi merupakan dua hal yang saling bersinergi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Visi dan misi sangatlah penting sebagai fondasi tata nilai perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sehingga visi dan misi suatu organisasi atau perusahaan dapat kita jadikan salah satu dasar untuk menilai pencapaian masa depan suatu organisasi atau perusahaan.
 

1 komentar: