Senin, 25 November 2013

Journal Article Evaluation Sheet



Information about the article:

 

     Author:  FAHRUDDIN LUBIS

     Title of the article:  HUBUNGAN DUA ARAH (SIMULTANEOUS) ANTARA PERGANTIAN AKUNTAN DAN PENDAPAT AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Go Publik di Bursa Efek Jakarta)

     Title of the journal:  JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI

     Date of publication:  Agustus 2000    Volume/number: Vol.2/No.2

     Page numbers:  171-189

 

How did you locate this article?

where did you get the article?

 

Jawab:

Saya mendapatkan artikel ini dari Perpistakaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Gedung A Lt.5, pusat dokumentasi dan informasi ilmiah. Gatot Subroto, Senayan-Jakarta Selatan 

        



Use the criteria listed on the next page to evaluate the journal article you wish to use in your research


Critically Evaluating a Journal Article
How to determine if an article is suitable for your research.


1.  What is the purpose of the article? Why was the article written?

 

Jawab:


          Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk membuktikan adanya hubungan dua arah (simultaneous) antara pergantian akuntan dan pendapat audit.

Pada bagian pendahuluan hal.171, penulis memaparkan tujuan penulisan artikel ini :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menduga apakah terdapat hubungan dua arah (simultaneous) antara pergantian akuntan dan pendapat audit. Dan juga meneliti seberapa jauh variabel tersebut saling mempengaruhi.

                   
2. Consider the audience for whom this article was written.

 

Jawab:


          Artikel ini ditujukan untuk para mahasiswa ataupun para peneliti sebagai referensi penelitian ilmiah.
          Dalam artikel ini penulis juga mengungkapkan secara khusus untuk siapa hasil penelitian dari artikel ini ditujukan, hal.188-189 :
          Walaupun begitu, hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengguna laporan keuangan sebelum membuat keputusan ekonomi. Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan bahwa perusahaan yang menlakukan pergantian akuntan cenderung memperoleh pendapat kualifikasi dari akuntan pemeriksa terdahulu. Keadaan ini dapat menunjukan bahwa perusahaan yang melakukan pergantian akuntan cenderung berada pada kondisi yang beresiko tinggi, seperti terlibat masalah litigasi, going concern, dan mengalami kerugian. Kondisi ini sangat membantu para pengguna laporan keuangan untuk berhati-hati dalam membuat keputusan.

3. Consider the source of the article.

a.    Was the article published in a scholarly journal or another type of journal?   If the article was published in a trade journal or popular magazine, justify your decision to use it in your research.

Jawab:

Artikel ini dimuat dalam Jurnal Bisnis dan Akuntansi yang diterbitkan oleh Universitas Trisakti yang merupakan scholarly journal.

  • For college-level research, information should be obtained for the most part from scholarly journals that publish articles describing high quality research that has been reviewed by experts in the field prior to publication.

b.  Consider the authority of the author.

·         Is the author an expert in this field?
Pengarang merupakan seorang akuntan (menurut keterangan dari internet saya mendapatkan bahwa penulis merupakan mahasiswa Universitas Gajah Mada th.1997-2007 yang mengambil jurusan akuntansi profesi)

·         Where is the author employed?
Universitas Gajah Mada

·         What else has he/she written?
Tidak ada

 c.  Consider the bias of the publisher of the journal.

Jawab:

  • Some publications have an inherent bias that will impact articles printed in them.
Menurut pengamatan saya, jurnal in merupakan jurnal yang liberal.

  • How do you know?
Karena didalam jurnal yang saya amati yaitu Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.2 No.1-3 th.2000 terdapat berbagai macam penelitian, baik penelitian kuantitaif (yang menggunakan pengujian hipotesis dan studi kasus) ataupun penelitian kualitatif (tentang pendeskripsian suatu masalah atau kritik terhadap suatu kebijakan). Jurnal ini tidak terpaku pada satu jenis penelitian saja. 

4. Consider the content of the article—its organization and suitability.

Jawab:


a.  Describe the organization of the article.

  • Is the material organized and focused? Is the argument or presentation understandable?   Give examples to support your opinion
Menurut pendapat saya materi dalam jurnal ini cukup terfokus dan didukung dengan argument- argument dari penelitian-penelitian sebelumnya yang menjadi rujukan bagi penelitian ini. Contoh: pada pendahuluan hal 171-173 penulis memaparkan penelitian-penelitian sebelumnya tentang hubungan antara pergantian akuntan dan pendapat audit dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kemudian memaparkan penelitian satu arah tetang hubungan antara pendapat audit yang mempengaruhi pergantian akuntan. Selanjutnya memaparkan penelitian satu arah tentang adanya isu pergantian akuntan dengan pendapat audit yang dikeluarkan. Dan diakhiri dengan hasil penelitian hasil penelitian Krishnan et al. (1996) yang membuat penulis tertarik untuk menguji hipotesis mengenai adanya hubungan dua arah (simultaneous) antara pendapat audit yang dikeluarkan oleh akuntan terdahulu dengan kecenderungan klien untuk melakukan pergantian akuntan.
Argument dalam penelitian ini juga dapat dimengerti dengan cukup baik. Tetapi struktur penulisan jurnal ini menurut saya kurang baik, karena struktur penulisannya (langkah-langkah penulisan jurna) tidak mudah dipahami. Contoh: tidak adanya point-point terinci tentang perumusan masalah dan tujuan penelitian ataupun kerangka teoritis dan perumusan hipotesis, yang membuat pembaca sulit unruk memahami bagian-bagian penulisan yang dimaksud dalam penelitian ini.

  • Is this original research, a review of previous research, or an informative piece?   How do you know this?
Penelitian ini merupakan penelitian ulang yang dilakukan oleh peniliti yang merujuk pada penelitian yang sudahg pernah dilakukan sebelumnya.
Pada bagian pendahuluan hal.173, penulis memaparkan dasar penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penelitiannya pada artikel ini : Selanjutnya, dari hasil penelitiannya Krishnan et al. (1994, pp.232-235) memperoleh kesimpulan yang berbeda dengan dua kesimpulan sebelumnya. Ia menemukan dan mengemukakan bahwa antara variabel kualifikasi dan variabel pergantian memiliki hubungan dua arah (simultaneous). Maksudnya, pendapat kualifikasi (wajar tanpa pengecualian) menyebabkan klien melakukan pergantian akuntan dan pergantian akuntan juga dapat mempengaruhi akuntan yang sedang melaksanakan penugasan untuk memberikan pendapat kualifikasi. Perbedaan kesimpulan tersebut terjadi karena peneliti terdahulu hanya menganalisis hubungan satu arah antara pendapat kualifikasi dengan pergantian akuntan (Krishnan et al.; 1996, p.224).
Berdasarkan uraian diatas dan hasil penelitian Krishnan et al. (1996) penulis tertarik untuk menguji hipotesis mengenai adanya hubungan dua arah (simultaneous) antara pendapat audit yang dikeluarkan oleh akuntan terdahulu dengan kecenderungan klien untuk melakukan pergantian akuntan.

b.  Consider the coverage of the article.

·         Does the article cover the topic comprehensively, partially, or is it an overview?
Artikel ini sudah memaparkan topik penulisan yaitu HUBUNGAN DUA ARAH (SIMULTANEOUS) ANTARA PERGANTIAN AKUNTAN DAN PENDAPAT AUDIT secara keseluruhan (overview)

c.  Look at the illustrations.

·         Are charts, graphs, maps, photographs, etc. used to illustrate concepts?
Penulis memberikan tabel hasil perhitungan statistik untuk menguji model:
a.    Persamaan pergantian akuntan meliputi variabel kualifikasi (QUAL) dengan suatu fektor yang memiliki karakteristik X1. Digunakan untuk mengidentifikasikan dan mengendalikan faktor-faktor yang akan mempengaruhi keputusan pergantian. (hal.179).
b.    Persamaan kualifikasi meliputi variabel Switch dengan fektor yang memiliki karakteristik X2. (pemilihan variabel independen yang termasuk dalam fektor X2 tersebut mengacu pada penelitian Dopuch et al. (1987) yang terdapat pada penelitian Krishnan et al. (1996, pp.228-229)) (hal.181).

  • Are the illustrations relevant?
Ilustrasi berupa tabel statistik yang disajikan dalam artikel ini sudah relevan, yaitu:
a.    Tabel 4.1(hal.182) yang menggambarkan pembagian sampel yang terdiri dari perusahaan yang melakukan pergantian akuntan dan memperoleh pendapat kualifikasi.
b.    Tabel 4.2 (hal.183) yang menyajikan rata-rata, standar deviasi dan p-value (parametrik dan non parametrik) dari perbedaan rata-rata sampel dari perusahaan yang memperoleh dan yang tidak memperoleh pendapat kualifikasi serta perusahaan yang melakukan dan tidak melakukan pergantian akuntan.
c.    Tabel 4.3 (hal.184) yang menyajikan univariate t-test dan parameter estimate yang dilakukan untuk menguji persamaan kualifikasi maupun persamaan pergantian dengan asumsi tidak memiliki hubungan dua arah (simultaneous).  
d.    Tabel 4.4 (hal.185) yang juga menyajikan estimasi dari model kualifikasi dengan asumsi tidak terdapat hubungan dua arah (simultaneous).
e.    Tabel 4.5 (hal.186) yang menyajikan hasil regresi two-stage least squares dari persamaan pergantian dan persamaan kulaifikasi dengan asumsi terdapat hubungan dua arah (simultaneous).
f.     Tabel 4.6 (hal.187) yang menyajikan hasil regresi persamaan kualifikasi dengan asumsi terdapat hubungan dua arah (simultaneous).  

  • Are they clear and professional-looking?
Tabel statistik yang disajikan dalam artikel ini sudah jelas karena disertai dengan judul dan penjelasan hasil uji statistiknya untuk setiap tabel yang disajikan.

d.  Consider the date of the article. Is it appropriate for your research topic?

          Menurut saya, artikel ini sudah sesuai dengan topic penelitian saya karena artikel ini memberikan gambaran tentang hasil penelitian-penelitian sebelumnya, yaitu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan mengganti akuntanya dan kecenderungan yang memotivasi prilaku tersebut.
          Menurut saya, pembahasan materi atau isu dalam artikel ini tidak memiliki masa pakai (timeless) karena isu tentang motivasi perusahaan mengganti akuntannya karena masalah pendapat (opini) audit yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh manejemen merupakan masalah yang memang bisa terjadi sepanjang waktu dan terus berkembang.

e. Consider the usefulness of the article.

  • Is the article relevant to your research project?   Is it useful to you?  Does it:

Menurut saya, artikel ini relevan dengan topik penelitian yang saya pilih yaitu kecenderungan opinion shopping terhadap pergantian akuntan. Dalam artikel ini saya menemukan referensi yang mendukung tentang penelitian yang akan saya lakukan, yaitu pada hal. 172: Pada awalnya, diperkirakan kecenderungan ini (kecenderungan melakukan pergantian akuntan) dimotivasi oleh perilaku klien untuk mendapatkan akuntan pengganti yang independen yang dapat memberikan pendapat yang lebih baik atas kewajaran laporan keuangannya-dari pendapat wajar dengan pengecualian yang diberikan oleh akuntan terdahulu berubah menjadi pendapat wajar tanpa pengeualian yang diperoleh dari akuntan pengganti; walaupun klien yang diaudit menyadari bahwa reabilitas laporan keuangannya dapat dipertanyakan atau diragukan. Prilaku tersebut dikenal dengan istilah opinion shopping (SEC; 1987) dan (Hendrickson et al.;1991, pp. 26-29)
Tetapi dalam artikel ini saya juga menemukan refernsi yang tidak mendukung argumen penelitian yang akan saya lakukan, yaitu pada hal.172: asumsi yang menyatakan bahwa pergantian akuntan yang disebabkan atau dimotivasi opinion shopping  tersebut dibantah oleh beberapa peneliti. Chow and Rice (1982) serta Citron dan Taffler (1992) dalam penelitiannya telah membandingkan dan menganalisis hubungan antara pergantian akuntan dan pendapar audit dengan mengamati periode sebelum dan sesudah pergantian akuntan. Mereka tidak menemukan adanya bukti empiris yang konsisten dengan asumsi opinion shopping  sepeeri yang dijelaskan sebelumnya.

Oleh karena ada pendapat yang bertentangan tentang hubungan opinion shopping  dengan pergantian akuntan, memotivasi saya untuk melakukan penelitian tentang seberapa besar opinion shopping  mempengaruhi atau memiliki andil dalam pergantian akuntan yang dilakukan oleh perusahaan yang ada di Indonesia dan telah terdaftar di BEI. 

6.  Consider the bibliographical information the article provides.

          Referensi yang terdapat dalam artikel jurnal ini jumlahnya sudah mencukupi dan sesuai untuk mendukung hipotesis yang diajukan peneliti dalam artikel ini (18 buah referensi dengan 10 referensi yang mengacu pada pergantian auditor (auditor switching)  dan referensi yang lain sebagai dasar pembanding argument penulis dan dasar analisis statistic yang digunakan)

  • Examine the bibliography

    • Is it short or long?
Referensi yang digunakan panjang (18 buah referensi)
    • Is it selective or comprehensive?
Referensi yang digunakan comprehensive, karena sebagian besar mendukung hipoteis yang diajukan oleh penulis tetapi ada beberapa yang berlawanan dengan hipotesis penulis (tetapi masih memiliki masalah atau pembahasan yang saling berkaitan satu dengan yang lain)
    • Are the references to primary sources or secondary sources?
Referensi yang digunakan sebagian besar merupakan primary sources (penulis mengutip langsung dari hasil penelitian orang lain)
    • Are the references contemporary to the article or much older?
Referensi yang digunakan seluruhnya merupakan penelitian-penelitian lama atau sumber-sumber lama.
    • Is the citation style clear and consistent?
Kutipan dari referensi yang digunakan penulis sudah jelas dan konsisten. 


Compiled by J. Hopkins, September 2002 /updated 1/03, 7/10 by Imam  Wahyudi
 
Dituliskan untuk memenuhi nilai Ujian Tengah Smester mata kuliah Metode Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar